Kementerian DPDT Kirim Satgas Dana Desa Monitoring di Kabupaten Nias Utara - Corong Nias

Breaking

Minggu, 23 September 2018

Kementerian DPDT Kirim Satgas Dana Desa Monitoring di Kabupaten Nias Utara

Mohammad Faturrahman

Nias Utara, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal mengirim Satgas Dana Desa untuk melakukan monitoring evaluasi realisasi pelaksanaan dan penggunaan dana desa di wilayah Pemerintahan Kabupaten Nias Utara.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Satgas Mohammad Faturrahman kepada sejumlah wartawan di Lotu, Kamis (20/8/2018).

"Secara umum, sesuai dengan tugas kami, melakukan monitoring dan evaluasi penggunaan dana desa di kabupaten Nias Utara ini. Kegiatan semacam ini merupakan monitoring acak atau random di berbagai daerah", ungkap Faturrahman

Pihaknya mengakui bahwa keterlambatan penyampaian SPJ dana desa di Nias Utara selama ini dipicu oleh kurangnya kualitas SDM sejumlah perangkat desa, sehingga  merekomendasikan kepada pemerintah daerah kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPM-PD) dan Inspektorat, untuk memikirman tentang peningkatkan pemberdayaan aparat desa.

"Kita telah merekomendasikan beberapa hal kepada pemerintah daerah. Salah satunya adalah untuk meningkatkan pemberdayaan perangkat desa termasuk BPD. Dalam catatan kita, ternyata ada beberapa desa yang belum memahami tugas dan fungsinya, sehingga kita minta pihak terkait terutama BPKAD untuk melatih para bendahara menyusun laporan keuangan". terang Faturrahman.

Faturrahman juga menegaskan bahwa laporan-laporan masyarakat tentang penyalahgunaan Dana Desa merupakan atensi bagi pihaknya untuk melakukan pengawalan.

"Setiap laporan masyarakat yang kita terima akan ditindaklanjuti. Syaratnya harus dengan pulbaket yang lengkap. Ada beberapa yang sudah dilimpahkan (ke Penegak Hukum - red) dan akan terus kita kawal". Tegas Faturrahman.

Informasi yang dihimpun corongnias.com, Satgas ini akan kembali berkunjung ke Nias Utara pada bulan November mendatang dalam rangka memastikan setiap rekomendasi mereka telah ditindaklanjuti oleh pihak terkait. (NU-01)
Komentar

Tidak ada komentar:

loading...