Partisipasi Pemilih Nias Utara Terendah se-Kepulauan Nias - Corong Nias

Breaking

Senin, 02 Juli 2018

Partisipasi Pemilih Nias Utara Terendah se-Kepulauan Nias

Foto Ilustrasi | Sumber: RadarBangka
Nias Utara, Partisipasi pemilih di Kabupaten Nias Utara adalah total pemilih yang partisipasinya terendah di Kepulauan Nias dengan capaian hanya 38,6% dari total pemilih di DPT sebanyak 86.117 orang.

Onli Hu Ndraha Ketua Pusat Studi Pembangunan Nias (Puspenas) menduga bahwa kurangnya partisipasi pemilih, salah satunya akibat kurangnya sosialisasi dari pihak KPU Kabupaten Nias Utara kepada masyarakat terkait Pilkada Tahun 2018. 

"Kalau KPU sudah melakukan sosialisasi dapat dikatakan sudah, tapi apakah itu sudah maksimal, malah hasilnya kita lihat partisipasi masyarakat pada Pilgubsu kemarin adalah terendah di Sumatera Utara," ucap Onli Hu kepada corongnias.com di Gunungsitoli, Sabtu (30/6/2018).
Onlihu berharap agar pada pemilihan Kepala Daerah, DPRD dan Presiden di Tahun mendatang, Penyelenggara Pemilu dapat memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat khususnya di daerah pelosok. Sehingga masyarakat yang memberikan hak pilihnya tidak berdasarkan pada pemulus. 

Sementara itu, Komisioner KPU Nias Utara, Evorianus Harefa ketika dikonfimasi melalui telepon selularnya mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi sesuai yang dirancang oleh KPU Provinsi.

"Kita sudah banyak melakukan sosialisasi ke semua segmen baik tokoh perempuan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan yang lainnya. Namun itulah hasilnya," terang Evorianus

Pihaknya berkilah bahwa terkait partisipasi pemilih di Nias Utara masih belum pasti terendah, menunggu kepastian rekapitulasi dari KPU Propinsi Sumatera Utara. 

"Tingkat partisipasi Pemilih di Nias Utara itu kan masih belum pasti. Kepastiannya setelah rekap KPU," tutupnya. (H-01) 
Komentar

Tidak ada komentar:

loading...