Mengenal Lebih Dekat Andhika Perdana Laoly Ketua DPC HIMNI Kota Gunungsitoli - Corong Nias

Berita Terbaru

Sabtu, 04 Maret 2023

Mengenal Lebih Dekat Andhika Perdana Laoly Ketua DPC HIMNI Kota Gunungsitoli

Andhika Perdana Laoly, S.STP., M.Si

Andhika Perdana Laoly, S.STP., M.Si atau yang akrab disapa Andhika adalah seorang birokrat lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) tahun 2005 Angkatan ke-13, yang sejak Tahun 2022 sampai dengan sekarang menjabat sebagai Inspektur Daerah Kabupaten Nias.

Tentu saja, prestasi yang amat membanggakan yang diraih oleh Andhika tidak tercipta begitu saja. Ini salah satu buah dari serangkaian perjuangan hidupnya. Dengan motto “Kerja Keras, Konsistensi dan Integritas“, membawa Andhika berhasil mencapai keinginan serta tujuannya selama ini.

Andhika dilahirkan di Gunungsitoli pada tanggal 28 April 1983, merupakan anak pertama dari tiga bersaudara yaitu Artika T.J. Laoly (Alm) dan Liana Maharani Laoly dari pasangan Bapak Edizon Parlindungan Laoly (Alm) dan Ibu Kristinawati Zebua (almh). Mewarisi gen asli dari etnis Nias, yakni ayah bermarga ‘Laoly’ dan Ibu bermarga ‘Zebua’ membuat Andhika tumbuh sebagai anak yang tampan dan cerdas.

Masa kecil Andhika berjalan normal sebagaimana anak-anak lainnya. Bermain dengan teman-teman sebaya menjadi rutinitas sehari-hari. Sejak kecil Andhika sudah terlihat memiliki kedisiplinan dan kepemimpinan untuk mengemban tanggung jawab serta nilai-nilai kesederhanaan dan keagamaan sebagaimana prinsip yang ditanamkan kedua orang tuanya.

Andhika kecil bersekolah di SD ST. Petrus Medan pada tahun 1995, setelah lulus dari Sekolah Dasar melanjutkan pendidikan di SLTP Swasta Putri Cahaya Medan dan terakhir menyelesaikan pendidikan SMU Swasta Cahaya Medan pada tahun 2001.

Dengan motivasi, niat dan tekad yang kuat, tamat dari SMU Swasta Cahaya Medan Baru Andhika melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) di Jatinangor - Sumedang Jawa Barat. Di Ksatrian STPDN inilah Andhika mulai mengembangkan jiwa kepemimpinan sebagai seorang calon Birokrat hingga menyelesaikan pendidikannya tahun 2005 dan dilantik langsung oleh Presiden Republik Indonesia sebagai ‘Pamong Muda’.

Pada tahun 2009, Andhika Perdana Laoly, S.STP., M.Si kembali melanjutkan pendidikannya pada jenjang Strata 2 di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dengan mengambil Jurusan Administrasi Pemerintahan Daerah.

ANDHIKA DALAM BIROKRASI
Andhika bersama Keluarga

Sebagai seorang Birokrat, sejumlah jabatan strategis di Pemerintah Kabupaten Nias yang pernah diemban oleh Andhika Perdana Laoly, S.STP., M.Si antara lain Sekretaris Lurah pada Kantor Kelurahan Ilir Gunungsitoli (Tahun 2006), Kasubbag Pemerintahan Umum pada Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Nias (2010), Sekretaris Kecamatan Gido (2012), Camat Hiliduho (2015).

Dengan penugasan sebagai Camat Hiliduho, jiwa kepemimpinan Andhika mulai terasah. Hal ini diimplementasi- kannya dengan turun langsung  dari desa yang satu ke desa lain untuk melihat kondisi dan permasalahan wilayah yang dipimpinnya. 

Tiada gunung terlalu tinggi, tiada jurang terlalu dalam untuk dilalui Andhika sang Birokrat Muda walau harus menempuh perjalanan yang melelahkan dengan kondisi geografis yang cukup sulit. Semangat melayani selalu berkobar di dada Andhika untuk hadir menyapa langsung masyarakat Kecamatan Hiliduho. 

Keberhasilan kinerja yang telah diraih Andhika saat itu menjadi indikator penilaian bagi Bupati Nias sehingga menugaskannya pada tempat tugas yang baru sebagai seorang Aparat Pengawas Intern Pemerintah Daerah yang diawali pada jabatan Inspektur Pembantu Wilayah III (2017), Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Nias (2019) dan Plt. Inspektur Daerah Kabupaten Nias (2019) dan sejak 12 Agustus 2022 dilantik sebagai Inspektur Daerah Kabupaten Nias.

Disamping dengan tugas dan kesibukannya sebagai seorang Birokrat, Andhika juga aktif berorganisasi. Beberapa organisasi yang tercatat keterlibatan Andhika dalam kepengurusan organisasi yaitu sebagai Wakil Ketua Bidang Kemasyarakatan Pemuda Pancasila Kabupaten Nias (2010), Wakil Ketua MPO KNPI Kota Gunungsitoli (2018), Sekretaris I PD-AMAL Kepulauan Nias (2020) dan terakhir sebagai Ketua DPC HIMNI Kota Gunungsitoli (2022 s.d. sekarang).

Selain itu, untuk mengasah kedalaman ilmu dan kemampuan dirinya Andhika juga tidak malu untuk terus belajar dan berdiskusi dengan berbagai tokoh masyarakat Nias, para politisi, tokoh pemuda yang dikemudian hari dirasakan sangat bermanfaat bagi dirinya dalam menjalani tugas dan karir, diantaranya Bapak Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D., (Menteri Hukum dan HAM RI), Marinus Gea, S.E., M.Ak., (Anggota DPR RI), Bapak Ya’atulo Gulo, S.E., S.H., M.Si., (Bupati Nias saat ini), Bapak Arota Lase, A.Md (Wakil Bupati Nias saat ini), dan tokoh masyarakat, para politisi dan tokoh pemuda di Kepulauan Nias. 

Sebagai seorang Pemuda yang sedang meniti karir di Birokrasi, Andhika menambatkan cinta sucinya hingga sampai kepelaminan kepada seorang gadis Nias yang cantik kelahiran 24 Juli 1989 bernama Puspita Indah Zebua, S.KM., dan saat ini telah dikaruniai dua orang anak masing-masing Farrel Shane Laoly yang lahir tanggal 04 Agustus 2014 dan Frederrick Shane Laoly kelahiran tanggal 06 Januari 2021.

GUNUNGSITOLI UNTUK SEMUA
Membangun Kota Gunungsitoli adalah salah satu cita-cita Andhika yang ingin diwujudkannya. Tanpa mengurangi berbagai keberhasilan yang telah dicapai oleh Kota Gunungsitoli selama ini, Andhika melihat masih terdapat beberapa kondisi yang perlu dilakukan pembenahan dan peningkatan di berbagai ector sehingga bila Tuhan mengizinkan sebagai Putra Asli Kota Gunungsitoli mendorongnya untuk mengabdi dan melayani membangun Kota Gunungsitoli yang dapat bersaing dengan daerah lainnya di Indonesia dengan memegang prinsip Gunungsitoli untuk semua. 

Komentar

Tidak ada komentar:



Klik Disini