TKW dari Nias Utara Terima Gaji Pokok 1000 Ringgit di Malaysia - Corong Nias

Breaking

Kamis, 31 Mei 2018

TKW dari Nias Utara Terima Gaji Pokok 1000 Ringgit di Malaysia

Acara Pemberangkatan TKW Nias Utara | Foto: CN
Lotu, Tenaga Kerja Indonesia khususnya Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang diberangkatkan pada 23 Mei 2018 lalu oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara akan mendapat gaji Pokok sebesar 1000 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp. 3.500.000,-

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Nias Utara Faozaro Zega kepada corongnias.com melalui telepon selularnya, Kamis (24/5/2018).

Dijelaskan Faozaro Zega para TKW tersebut dalam mendapatkan gaji pokok akan bekerja selama 4 hari atau 48 Jam setiap minggunya, dan jika para TKW bekerja lebih dari waktu tersebut akan diberikan tambahan gaji lembur.

"Pengalaman dengan para TKW yang bekerja sebelumnya mereka mendapatkan rata-rata dua ribu ringgit atau sekitar 7 juta rupiah sebulan karena mereka ada lembur," ucap Faozaro.

Pihaknya juga mengatakan agar isu-isu negatif terkait TKW dari Nias Utara ditepis karena TKW yang diberangkatkan adalah Legal dan bahkan ditandatangani langsung oleh 4 pihak termasuk duta besar Pemerintah Indonesia di Negara Malaysia.

Ditambahkannya bahwa sebelum memberangkatkan para TKW, Faozaro sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Nias Utara telah langsung melakukan survey ke PT. Sony EMCS di Malaysia yang bertempat di Kota Penang Negara Malaysia pada tanggal 13 hingga 18 April 2018 lalu.

"Saya sendiri telah melakukan survey ke PT. Sony itu pada 13 sampai 18 April 2018 lalu, itu tempatnya di Penang Malaysia pak", ucap Faozaro.

Sementara itu terkait berita miring tentang TKW yang beredar di media sosial bahwa adanya penyiksaan atau hal lainnya, pihaknya mengatakan bahwa bisa saja itu adalah tenaga kerja yang tidak melalui prosedur atau Tenaga Kerja Ilegal sehingga sulit untuk di awasi.


Faozaro berpesan agar setiap informasi yang didapatkan baik di media sosial maupun pada pemberitaan untuk dikonfirmasi kebenarannya pada pihak-pihak terkait sehingga bisa diketahui permasalahan apa yang terjadi sebenarnya khususnya pada tenaga kerja.

Seperti yang beritakan sebelumnya sebanyak 20 orang wanita muda Nias Utara diberangkatkan di Malaysia sebagai TKW. (H-01
Komentar

Tidak ada komentar:

loading...
Loading...
Klik Disini