Kadis Perikanan Nias Utara Patroli Airborne Surveillance Bersama KKP RI - Corong Nias

Berita Terbaru

Selasa, 24 Agustus 2021

Kadis Perikanan Nias Utara Patroli Airborne Surveillance Bersama KKP RI

Dinas Perikanan Nias Utara Bersama Rombongan dari KKP RI

Nias Utara, Dalam rangka melakukan pengawasan wilayah laut khususnya Kabupaten Nias Utara, Kepala Dinas Perikanan Kabuparen Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua melaksanakan patroli pengawasan matra udara (Airborne Surveillance)  bersama Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Selasa (24/8/2021).

Dalam hasil pemantauan ditemukan kapal yang sedang berlayar diantaranya 1 unit kapal purse seine dan 5 unit kapal handline. 

Penuturan Levi H dari Ditjen PSDKP KKP RI mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka melakukan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan melalui udara dengan objek antara lain Kapal Perikanan Indonesia, Kapal Perikanan Asing, Alat Bantu Penangkapan Ikan, Pencemaran Perairan, Kawasan Mangrove dan Estuaria dan Kawasan Konservasi yang dananya bersumber dari APBN Kementerian Kelautan Perikanan RI. 

Pihaknya juga mengatakan bahwa operasi matra udara ini melakukan verifikasi atau validasi terhadap wilayah yang rawan melakukan praktik penangkapan ikan illegal atau IUU Fishing.

Hasil operasi tersebut nantinya akan disampaikan kepada pusat pengendalian kepada instansi lain yang memiliki kewenangan  penegakan hukum di laut  sesuai kebutuhan. 

"Bila ada kapal ikan yang melanggar seperti pada waktu operasi ditemukan bukan wilayah operasionalnya, maka akan divalidasi lalu dilakukan penertiban melalui sanksi administratif dan lain-lain," ucap Levi.
Kadis Perikanan di Pesawat Patroli Airborne Surveillance 

Kadis Perikanan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua mengungkapkan bahwa Airborne Surveillance kali telah menjangkau wilayah kepulauan Nias sejauh sejauh 470 mill dengan membutuhkan waktu 2,5 jam di sekitar Area Perairan Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Kegiatan yang telah mulai sejak 21 Agustus 2021 dan berakhir pada 25 Agustus 2021 ini sedikit mengalami kendala karena kondisi cuaca awan tebal dan hujan di barat Pulau Nias. (C-002)
Komentar

Tidak ada komentar:






Loading...





Klik Disini