Bupati Nias Barat Buka Musrenbang RPJMD Tahun 2021 - 2026 - Corong Nias

Berita Terbaru

Rabu, 01 September 2021

Bupati Nias Barat Buka Musrenbang RPJMD Tahun 2021 - 2026

Musrenbang RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026/ Foto : Ist.

Nias Barat, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu membuka secara resmi pelaksanaan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026, bertempat di Hall Tokosa, Onolimbu Kecamatan Lahomi, Nias Barat, Selasa (31/8/21).


Dalam arahannya, Khenoki menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan salah satu tahapan dalam perencanaan pembangunan yang diamanatkan UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional yang secara operasional diatur pada Permendagri nomor 86 Tahun 2017 pasal 64. 


Adapun tujuannya yakni penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.


Dalam pertemuan itu, Khenoki menyampaikan bahwa cita-cita besar Pemerintahan Khenoki - Era Era yakni terwujudnya Nias Barat yang bersih, unggul dan maju. Dengan misi diantaranya, membangun sistim manajemen pemerintah yang baik transparan, profesional, bersih dari suap, korupsi, kolusi dan nepotisme; meningkatkan efektivitas dan efesiensi pengelolaan keuangan daerah serta peningkatkan pendapatan asli daerah (PAD); meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh aspek kehidupan masyarakat; mengembangkan ekonomi masyarakat yang berbasis agrowisata dan ekonomi kreatif; meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar; mengembangkan inovasi daerah; dan meningkatkan kualitas SDM Aparatur dan masyarakat.


Untuk itu Khenoki berharap agar para stakeholder terkait dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam merumuskan perencanaan Pembangunan Nias Barat 5 tahun ke depan. Nantinya, hasil rumusan RPJMD ini menjadi pedoman bagi perangkat daerah untuk menyempurnakan rancangan rencana strategis (Renstra) perangkat daerah Tahun 2021-2026.


Pantauan corongnias.com, Musrenbang Kabupaten Nias Barat ini dihadiri Wakil Bupati Era Era Hia, Sekretaris Daerah Fakhili Gulo, Ketua DPRD  Evolut Zebua, Wakil Ketua Haogomano Gulo dan anggota DPRD Nias Barat, pimpinan OPD, Camat Se- Kabupaten Nias Barat, unsur Forkompika, Tokoh Masyarakat dan Kepala Desa Se- Kabupaten Nias Barat dan undangan lainnya. Sementara Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Sumut Hasmi Rizal Lubis menghadiri secara virtual. (R88/C-002)

Komentar

Tidak ada komentar:



Klik Disini