Cegah Kasus Kematian Akibat Rabies, Pemko Gunungsitoli Ingatkan Warga - Corong Nias

Berita Terbaru

Sabtu, 30 September 2023

Cegah Kasus Kematian Akibat Rabies, Pemko Gunungsitoli Ingatkan Warga

Ilustrasi Anjing Rabies | Sumber: Halodoc

Gunungsitoli, Akibat adanya munculnya kasus gigitan hewan penular rabies (GHPR) Walikota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua ingatkan warga agar selalu waspada untuk menghindari kasus rabies dimaksud. 


Dalam surat edaran Walikota Gunungsitoli bernomor 440/7155/Dinkes/2023 tanggal 29 September 2023 tentang kewaspadaan dini terhadap gigitan hewan penular rabies (GHPR) Lakhomizaro menyampaikan agar semua pihak untuk bersama-sama melakukan komunikasi dan koordinasi agar seluruh pemilik ternak untuk tidak membiarkan hewan peliharaan  tidak berkeliaran tetapi dikurung, diikat atau dibelongsong.


Lakhomizaro juga menyampaikan jika terjadi gigitan dengan dugaan hewan penular rabies untuk segera melakukan tatalaksana luka gigitan hewan rabies dengan cara mencuci luka pakai sabun dengan air mengalir selama 15 menit dan segera melaporkan diri ke pihak UPTD Puskesmas terdekat untuk tindakan lanjutan. 


Pihaknya juga berharap agar masyarakat segera melaporkan kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli jika ditemukan adanya dugaan Hewan Peliharaan terjangkit rabies untuk segera dilakukan penanganan dan tindakan lebih lanjut. 


Pantauan corongnias.com baru-baru ini dikabarkan salah seorang warga meninggal dunia yang diduga kuat akibat gigitan anjing yang terjangkit rabies. (C-002)


Komentar

Tidak ada komentar:



Klik Disini