IGI Nias Utara: Tenaga Administrasi Sekolah Layak Menjadi PPPK - Corong Nias

Berita Terbaru

Sabtu, 23 Desember 2023

IGI Nias Utara: Tenaga Administrasi Sekolah Layak Menjadi PPPK

Foto Ilustrasi : GURUSUMEDANG.COM


Nias Utara, Tenaga Administrasi di masing-masing sekolah saat ini sangat layak untuk dipertimbangkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengingat perannya dalam menyukseskan kemajuan pendidikan di sekolah tidak kalah penting dengan para guru. 

Hal ini disampaikan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Nias Utara Marlius Telaumbanua saat dimintai tanggapannya oleh corongnias.com melalui telepon selularnya, Jumat  (22/12/2023). 

Marlius beralasan dimana selama ini khususnya di tingkat kabupaten, tenaga administrasi sekolah yang juga disebut sebagai tenaga kependidikan tidak menjadi perhatian khusus oleh pihak pemerintah sehingga para guru yang seyogianya sesuai dengan Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen yang dituliskan dalam Bab I pasal 1 berbunyi bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Menurutnya, hal ini kurang relevan dengan beberapa tugas tambahan guru di masing-masing sekolah saat ini yang mana guru seyogianya fokus sebagai pendidik profesional masih ada yang mengurus bagian administrasi sekolah seperti menjadi Bendahara Dana BOS yang bahkan tidak memiliki tunjangan tambahan untuk itu guru sesuai Juknis yang tersedia. 

"Tenaga administrasi sekolah itu sangat perlu dan diakui oleh Pemerintah, ini ditandai dengan adanya Permendiknas Nomor 24 Tahun 2008 tentang standar tenaga administrasi sekolah/madrasah, dimana secara pribadi saya memaknai bahwa harusnya pihak pemerintah juga memberikan konsen terkait para tenaga kependidikan khususnya di jabatan fungsional sebagai tenaga administrasi sekolah", terang Marlius. 

Pihaknya berharap khususnya di wilayah Pemerintah Kabupaten Nias Utara, jika ada formasi penerimaan ASN PPPK di tahun 2024 untuk dapat di buka formasi khusus tenaga administrasi sekolah demi mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan pembelajaran berpihak pada murid sesuai dengan Kurikulum Merdeka yang terus di gaungkan saat ini. 

"Ya, kita sangat berharap Pemerintah Daerah (Nias Utara-red) membuka formasi untuk para tenaga administrasi sekolah, selain membantu Kepala Sekolah dalam penatalayanan administrasi di sekolah juga sangat mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah." ucapnya bersemangat. (C-002)


Komentar

Tidak ada komentar:



Klik Disini