Bupati Nias Kecewa dengan Petugas Pendata PKH di Nias - Corong Nias

Breaking

Selasa, 15 Mei 2018

Bupati Nias Kecewa dengan Petugas Pendata PKH di Nias

Bupati Nias dan Penerima KPM | Foto: CN
Bupati Nias Sokhiatulo Laoli mengaku kecewa terhadap petugas pendataan penerima PKH di wilayah Kabupaten Nias, dia beranggapan petugas yang melakukan pendataan kurang teliti.

Hal tersebut disampaikan Sokhiatulo diacara Penerimaan secara simbolis Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Lantai III Kantor Bupati Nias, Senin (14/5/2018).

Sokhiatulo beranggapan petugas kurang teliti dalam melakukan pendataan sesuai dengan informasi warga yang datang melaporkan permasalahan tersebut.

“Beberapa hari yang lalu ada warga yang melapor kepada saya, mereka tidak menerima PKH padahal mereka sangat layak menerima bantuan ini, sementara disisi lain ada mantan Kepala Desa namanya terdaftar sebagai salah seorang penerima PKH”, jelas Sokhiatulo

Sokhiatulo menegaskan agar enam bulan kedepan supaya dilakukan pendataan ulang sehingga penerima PKH benar-benar tepat sasaran.

"Saya minta dalam untuk enam bulan kedepan supaya dilakukan pendataan ulang, sehingga penerima PKH ini benar-benar tepat sasaran”, tegas Bupati.

Meskipun demikian Sokhiatulo mengajak masyarakat agar bantuan tetap mensyukuri dan mempergunakannya dengan baik.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Tonafati Zebua mengatakan bahwa keluarga penerima manfaat baru PKH di Kabupaten Nias tahun 2018 merupakan hasil dari pelaksanaan kegiatan validasi  calon peserta PKH tahun 2017 dengan jumlah KPM sebanyak 479 keluarga.

“Hasil yang diperoleh dari validasi data calon peserta PKH meliputi 346 calon KPM yang memenuhi syarat dan 133 calon KPM yang tidak memenuhi syarat”, ujar Tonafati.

Dijelaskannya, calon KPM yang tidak memenuhi syarat tersebut dikarenakan tidak memiliki komponen PKH yakni tidak lagi berdomisili di wilayah Kabupaten Nias dan ditemukannya data ganda sehingga calon KPM yang memenuhi syarat telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI sebagai keluarga penerima manfaat baru PKH tahun 2018.

Secara rinci Tonafati Zebua membeberkan penerima PKH di sepulu Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Nias, yakni : Kecamatan Bawolato 67 KPM, Ulugawo 63 KPM, Botomuzoi 46 KPM, Ma’u 40 KPM, Hiliserangkai 34 KPM, Sogaeadu 33 KPM,Idanogawo 32 KPM, Gido 17 KPM, Hiliduho 10 KPM dan 4 Kecamatan Somolo-molo. (H-01)






Komentar

Tidak ada komentar:

Loading...
Klik Disini
loading...