Pantau Kualitas Udara, Pemkab Nias Utara Pasang Passive Sampler di Beberapa Titik - Corong Nias

Berita Terbaru

Jumat, 11 Juni 2021

Pantau Kualitas Udara, Pemkab Nias Utara Pasang Passive Sampler di Beberapa Titik

Dinas Lingkungan Hidup Sedang Memasang Alat Passive Sampler | Foto: Diskominfo

Nias Utara, Dalam rangka mengukur kualitas udara di wilayah Kabupaten Nias Utara, Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan pemasangan alat pemantau kualitas udara Ambien dengan metode Passive Sampler di sejumlah titik, Jumat (11/6/2021).


Passive Sampler merupakan  peralatan  untuk  sampling  yang  digunakan  untuk mengambil  sampel dari  udara  ambien. Prinsip  kerjanya  tidak  membutuhkan  power listrik karena bersifat pasif dimana alat ini berbentuk bulat dan didalamnya terdapat kertas filter yang sudah diberi cairan khusus dari bahan kimia yang fungsinya untuk menangkap  gas  yang  ada  di  udara  sekeliling.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten  Nias Utara Temambuala Telaumbanua mengatakan pemantauan udara ambien dengan metode passive sampler di Kabupaten Nias Utara pertama kali dilaksanakan pada tahun 2020 dengan hasil kualitas udara sangat baik. 


Pemantauan udara akan terus berlanjut setiap tahunnya sesuai dengan program/kegiatan Direktorat Jendral Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup RI.


Manfaat pemantauan udara ini adalah untuk mengetahui kualitas udara di wilayah Kabupaten Nias Utara. Pelaksanaannya 2 (dua) tahap setiap tahunnya, dimana setiap tahap dilaksanakan selama 14 hari. 


Hasilnya akan digunakan untuk menyusun Indeks Kualitas Udara (IKU) sebagai informasi untuk tingkat Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pusat untuk mengambil kebijakan yang berkaitan dengan pengendalian pencemaran udara.


Tahun 2021, tahap pertama berlangsung dari 9 Juni s.d 23 Juni 2021 dimana lokasi pemasangan diperuntukkan pada kawasan industri di Kelurahan Pasar lahewa, kawasan pemukiman di Desa Lawira Satua, kawasan perkantoran di Desa Fadoro Fulolo dan transportasi di Kelurahan Pasar Lahewa. (Rls/C-002)

Komentar

Tidak ada komentar:






Loading...





Klik Disini