Tuntut Keadilan, Puluhan PKL Demo Walikota Gunungsitoli - Corong Nias

Berita Terbaru

Kamis, 24 Februari 2022

Tuntut Keadilan, Puluhan PKL Demo Walikota Gunungsitoli

Puluhan PKL saat melakukan aksi demonstrasi di Halaman Kantor Walikota Gunungsitoli/ Foto : Ist.

Gunungsitoli, Puluhan Pedagang Kaki Lima  (PKL) Pasar Beringin Gunungsitoli menggelar aksi demonstrasi di Halaman Kantor Wali kota Gunungsitoli yang beralamat di Jl. Pancasila, Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Kamis (24/2/2022).


Adapun tujuan aksi puluhan PKL ini dalam rangka mempertanyakan janji Wali Kota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua yang tidak akan melakukan penggusuran dan meminta adil dalam relokasi.


Tampak pada aksi itu, para PKL membawa sejumlah spanduk dan poster sebagai aspirasinya yang berisikan tagihan janji dan permintan adil terhadap PKL. Selain itu, mereka juga meminta Walikota menindak petugas Satpol PP yang melakukan penggusuran dengan kasar.


"Kami meminta pemenuhan janji Pak walikota, dulu bapak berjanji saat mendatangi kami bahwa selama menjabat tidak akan melakukan penggusuran. Itu yang kami harapkan," teriak pendemo.


Meski meminta pemenuhan janji itu, para pendemo sudah tidak mempersoalkan dengan keputusan Pemkot untuk merelokasi para pedagang. Namun harus bisa memberi solusi dan adil bagi para PKL.


"pindah lokasi dari pasar beringin ke ex terminal lama, tidak masalah bagi kami, namun tempat yang disediakan bapak sudah diperuntukkan bagi yang lain, kami jualan dimana? mestinya bapak berlaku adil. Bahkan kami liat di kios itu, satu orang memiliki 3 sampai 5 kios," ujar Afnizar salah seorang orator aksi.


Mereka menuturkan bahwa, saat penggusuran, petugas memperlakukan mereka kasar dan berkata kotor.


"kami diperlakukan bagaikan binatang saat penggusuran, ada oknum Satpol berkata jika kalian tidak bisa jualan maka jual diri saja," tutur Afnizar.


Pemko Gunungsitoli  Akan Cari Solusi


Menanggapi tuntutan pendemo, Sekda Kota Gunungsitoli, Oimonaha Waruwu menyatakan bahwa salah satu masalah utama yang dihadapi Pemkot Gunungsitoli dengan munculnya para pedagang baru setelah selesai pendataan


"semua pedagang telah kita data, lalu muncul lagi pedagang baru dan hal itu menjadi kendala. Meski demikian, kami akan segera mencari solusi," ucap Oimonaha.


Dia mengatakan, seluruh aspirasi para PKL akan ditampung dan diteruskan kepada Walikota Gunungsitoli karena saat ini tengah dinas luar daerah dan akan disampaikan hasilnya dalam waktu dekat.


"hal ini akan kami sampaikan kepada pak Walikota untuk mencari solusi dan hasilnya akan kami beritahukan dalam waktu 2-3 hari kedepan," tutupnya. (C-001)

Komentar

Tidak ada komentar:






Loading...





Klik Disini