Ini Penyebab Gempa Tektonik Yang Melanda Nias dan Aceh Singkil Malam Ini - Corong Nias

Breaking

Senin, 11 Maret 2019

Ini Penyebab Gempa Tektonik Yang Melanda Nias dan Aceh Singkil Malam Ini

Ka. Staff Geofisika Kelas III Gunungsitoli, Djati Cipto Kuncoro, S.Si

Gunungsitoli, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, S.T., Dipl. Seis, M.Sc melalui Kepala Staff Geof. Kelas III Gunung Sitoli Djati Cipto Kuncoro, S.Si, Senin (11/3/2019) melalui siaran pers mengungkapkan bahwa gempabumi tektonik yang melanda Nias dan Aceh Singkil pada pukul 20.26 wib termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,3. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,96 LU dan 97,82 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km arah selatan Kota Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Propinsi Aceh pada kedalaman 52 km.

Pihaknya menyampaikan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi ini terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra. 

Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault).

Setelah dilaksanakan monitoring hingga pukul 20.43 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Red)
Komentar

Tidak ada komentar:

Loading...
Klik Disini
loading...