Adakah Pelanggaran Pemilu di Nias Utara? Ini Kata Bawaslu - Corong Nias

Berita Terbaru

Senin, 26 Februari 2024

Adakah Pelanggaran Pemilu di Nias Utara? Ini Kata Bawaslu

Komisioner Bawaslu Nias Utara Edikania Zega | Foto: CN


Nias Utara, Tahapan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif khususnya di wilayah Kabupaten Nias Utara yang puncaknya pada 14 Februari 2024 hingga saat ini pada proses rekapitulasi  suara berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. 

Pimpinan Bawaslu Nias Utara, Edikania Zega saat di wawancarai corongnias.com. Senin (26/2/2024) mengungkapkan bahwa berdasarkan catatan dan data yang dihimpun oleh pihaknya dari tingkat KPPS yang diawasi oleh para PTPS hingga proses rekapitulasi suara di masing-masing kecamatan hingga kini belum ada ditemukan pelanggaran ataupun aduan baik dari perseorangan, partai politik maupun dari pihak lain. 

"Berdasarkan catatan dan data di Bawaslu Nias Utara, jenis pelanggaran yang meliputi pelanggaran tindak pidana pemilu, pelanggaran administratif, kode etik dan pelanggaran hukum lainnya hingga kini belum ada temuan maupun laporan masuk dari peserta Pemilu," ujar Edi. 

Menurut Edi, keberhasilan ini bukan hanya keberhasilan pihak Bawaslu Nias Utara, namun upaya pencegahan yang gencar dilakukan dengan merumuskan sederet upaya preventif dengan adanya kolaborasi di sejumlah stakeholder terkait termasuk media pemberitaan yang selalu aktif dan ikut serta dalam melakukan pengawasan bersama pada masa tahapan Pemilu. 


Pihaknya berharap semua pihak terus menjunjung tinggi keamanan, kenyamanan dan saling menghargai untuk menjaga stabilitas keamanan yang kondusif sehingga pemilu kali ini benar-benar sesuai harapan bersama yang penuh dengan kedamaian. 

"Tentunya dalam konstentasi ini ada yang menang dan ada yang kalah, itulah sebuah kompetisi, namun demikian mari kita selalu menjaga kondusifitas dan kontrol diri masing-masing demi kenyamanan bersama," terang Edi. (C-002) 
Komentar

Tidak ada komentar:



Klik Disini